Laman

Sabtu, 21 September 2013

PEMBETUKAN GARIS DENGAN ALGORITMA BRESENHAM

Algoritma garis Bresenhem adalah algoritma konversi penambahan nilai integer.
Langkah-langkah untuk membentuk garis menurut algoritma ini adalah :
Tentukan dua titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
Tetukan titik disebelah kiri sebagai titik awal (x1,y1) dan titik lainnya sebagai titik akhir (x2, y2 ).
Hitung Dx, Dy, dan 2Dy – 2Dx.
Hitung parameter pk = 2Dy – Dx.
Bandingkan if pk < 0 (xk+1, yk) else (xk +1, yk +1).
        A < 0 = 2 Dy
        B > 0 = 2 Dy - 2Dx
        Pk (+)  = Pk + B
        Pk (-)   = Pk + A 

Ulangi langkah nomor 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x = x2 dan  y = y2.

Aturan Bresenham :
Jika Pk bernilai positif (+), maka tambahkan hasilnya dengan B dan nilai x dan y ditambah 1.
Jika Pk bernilai negatif (-), maka tambahkan hasilnya dengan A dan nilai x ditambah 1, sedangkan y ditambah 0 (tetap).
Putaran dihentikan jika koordinat x dan y sudah mencapai batas akhir.

Contoh Soal :
Titik Awal P1 (15,6) dan titik akhir P2 (28,13)
Hitung : Dx, Dy, 2Dy-2Dx
Dx = x2 - x1 = 28 – 15 = 13
Dy = y2 – y1 = 13 – 6 = 7
2 Dy – 2 Dx = 2(7) – 2(13) = 14 – 26 = -12
Hitung parameter pk = 2Dy – Dx
2(7) – (13) = 14 – 13 = 1
A < 0 = 2 Dy = 2 (7) = 14
B > 0 = 2 Dy – 2 Dx = 2(7) - 2(13) = 14 – 26 = -12

k
Pk
x
y
-
-
15
6
1
1
16
7
2
-11
17
7
3
3
18
8
4
-9
19
8
5
5
20
9
6
-7
21
9
7
7
22
10
8
-5
23
10
9
9
24
11
10
-3
25
11
11
11
26
12
12
-1
27
12
13
13
28
13